1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Wakil Ketua Komisi III Tolak Polisi di Bawah Kementerian

Editor: Haris Kurniawan  02 Januari 2022 17:07
news/2022/01/02/170049/wakil-ketua-komisi-iii-tolak-polisi-di-bawah-kementerian-220102c.jpg Ahmad Sahroni

DPR RI - Baru saja, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Letjen Agus Widjojo mengusulkan agar dibentuk Dewan Keamanan Nasional dan Kementerian Keamanan Dalam Negeri.

Khusus untuk Kementerian Keamanan Dalam Negeri, kata Agus, nantinya akan menaungi Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Namun hal ini tidak disetujui oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI asal Fraksi Partai Nasdem, Ahmad Sahroni. Menurutnya, kepolisian harus tetap berada langsung di bawah komando presiden, mengingat posisinya yang strategis.

“Saya tidak setuju dengan usulan agar Polri berada di bawah kementerian apapun itu. Karena seperti yang kita tahu, polisi dengan tugasnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban itu bersentuhan langsung dengan masyarakat. Jadi kita perlu memastikan bahwa lembaga ini profesional dan independen,” ujar Sahroni dalam keterangannya hari ini (2/1).

Lebih jauh, Sahroni menyebut bahwa jika ditempatkan di bawah kementerian, maka sangat mungkin ada kepentingan-kepentingan politik yang bisa mengganggu kinerja polisi. Hal ini karena mengingat jabatan menteri adalah posisi poiltik.

“Dengan kinerjanya yang langsung berurusan dengan masyarakat, kita bisa bayangkan betapa rawannya apabila wewenang yang strategis ini berada di bawah sebuah kementerian. Padahal kita tahu, kementerian itu banyak diisi oleh politisi. Jangan sampai polisi jadi alat politik. Karenanya bagi saya, struktur dan garis komando yang sudah ada sekarang itu sudah tepat,” demikian Sahroni.

KOMENTAR ANDA