1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Sahroni Puji Kapolri yang Copot Tujuh Pimpinan Kepolisian

Editor: Haris Kurniawan  02 November 2021 13:13
news/2021/11/02/169832/sahroni-puji-kapolri-yang-copot-tujuh-pimpinan-kepolisian-211102f.jpg Ahmad Sahroni

DPR RI - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo baru saja mencopot tujuh orang pejabat Polri di mana satu memiliki jabatan kombes dan enam lainnya AKBP. Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, keputusan ini menunjukkan komitmen Kapolri dalam melakukan perbaikan internal dengan “memotong kepala” atau memecat anggota Polri yang dinilai tidak becus dalam membina para “ekornya”.

Menanggapi kebijakan ini, Wakil Ketua Komisi III DPR RI asal Fraksi Partai NasDem Ahmad Sahroni menyampaikan penghargaannya. Menurut Sahroni, tindakan ini tidak hanya membuktikan komitmen institusi Polri dalam membenahi kinerja, namun juga menunjukkan ketegasan Kapolri dalam membina anak buahnya.

“Pak Kapolri dalam hal ini benar-benar menunjukkan ketegasan dan kelugasannya. Bagaimana tidak, belum sampai seminggu menyampaikan janji akan “memotong kepala” beliau akhirnya benar-benar “memotong kepala”. Ini menunjukkan bahwa eliau tidak hanya obral janji, namun benar-benar mengevaluasi bawahan dan memberikan reward and punishment jika memang diperlukan. Jadi memang Pak Kapolri kita ini kinerjanya sangat tegas, bukan kaleng-kaleng,” ujar Sahroni dalam keterangannya hari ini (2/11).

Lebih lanjut, Sahroni juga menyoroti kinerja dari Divisi Propam Polri yang dinilainya sangat baik dalam menindak berbagai bentuk pelanggaran aturan oleh polisi. Menurutnya, Propam juga bekerja dengan sangat sigap dan keras.

“Di bawah Irjen Ferdy Sambo, Divisi Propam Polri menjadi lembaga kepolisian yang tegas dan disegani, serta tidak ragu-ragu dalam menindak personel polisi yang melanggar aturan. Saya lihat juga Propam tidak hanya fokus mengawasi kinerja internal, namun mereka juga sampai menggandeng institusi eksternal seperti Komnas HAM untuk memastikan bahwa kepolisian bekerja sesuai dengan koridor hukum. Ini menunjukkan, Divisi Propam maupun Polri secara keseluruhan memang mengusung semangat untuk kolaboratif dan tidak antikritik,” demikian Sahroni.

KOMENTAR ANDA