1. HOME
  2. »
  3. BERITA

RUU KKS Bermanfaat untuk Ketahanan Siber Nasional

Editor: Hery Hardjo Winarno  25 September 2019 13:50
news/2019/09/25/166921/ruu-kks-bermanfaat-untuk-ketahanan-siber-nasional-190925c.jpg Bobby Adhityo Rizaldi dalam diskusi di Media Center DPR

DPR RI - Anggota Panitia Khusus (Pansus) RUU Keamanan dan Ketahanan Siber (KKS) Bobby Adhityo Rizaldi mengungkapkan, apabila peraturan ini disahkan maka mampu memberikan banyak manfaat, salah satunya ialah menjaga kepentingan dan keamanan negara, khususnya dalam dunia siber yang selama ini belum ada.

Belum lagi, kata dia, pengguna internet di dalam negeri terus mengalami pertumbuhan. Oleh karenanya, untuk memenuhi kemajuan zaman, perlu adanya peraturan mengenai dunia siber.

"Terhadap kebutuhan  tantangan zaman yang memang berbeda, DPR menginisiasi adanya RUU ini," ujar Bobby dalam diskusi di Media Center DPR, Selasa (25/9).

Dia menambahkan, RUU ini sudah masuk dalam prolegnas tahun 2018 yang mana naskah akademisnya dilaksanakan oleh Badan Legislasi DPR. Namun, RUU itu baru diselesaikan belakangan ini.

"Karena waktu yang sangat sempit ini, maka pansu dibentuk,  baru minggu lalu terpilih. Ketuanya pak Bambang Wuryanto dari PDIP. Rencananya mulai dari kemarin itu harusnya kita rapat untuk menerima penjelasan dari pemerintah dan menerima DIM," jelasnya.

Sementara itu, akademisi dari Universitas Bhayangkara Dr. Awaluddin Marwan, menilai, langkah DPR yang menginisiasi RUU KKS patut mendapat apresiasi. Ia juga melihat pentingnya peraturan tersebut. Termasuk menjaga ketahanan siber nasional.

"Itu membuktikan bahwa keamanan siber itu perlu diperkuat karena kalau tampilannya sudah dirubah (de-facing), itu secara otomatis mengurangi citra lembaga. Mereka bisa merusak, mencloning dan bisa memperjual belikan data, apalagi disana ada E-KTP," ujarnya. 

KOMENTAR ANDA