1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Rekomendasi Fraksi Partai Demokrat untuk Pemerintah soal Corona

Editor: Haris Kurniawan  24 Maret 2020 19:34
news/2020/03/24/167751/rekomendasi-fraksi-partai-demokrat-untuk-pemerintah-soal-corona-200324z.jpg Ibas

DPR RI - Fraksi Partai Demokrat turut berduka atas 49 korban jiwa akibat wabah corona di Indonesia. Mereka menilai kondisi di Tanah Air akibat wabah tersebut masih mencemaskan. Mereka juga melihat krisis multidimensi ini mengakibatkan indikator ekonomi baik secara makro maupun mikro belum membaik. Target asumsi APBN 2020 diperkirakan tidak sesuai/tercapai seperti, pertumbuhan ekonomi, penerimaan negara, nilai tukar, harga minyak dunia, inflasi, dan defisit.

Meski begitu, Fraksi Partai Demokrat memberikan apresiasi dan dukungan kepada pemerintah, Gugus Tugas Covid-19 dan tenaga medis dalam menjalankan tugasnya memastikan keselamatan nyawa dan kesehatan rakyat serta menyelamatkan perekonomian bangsa melalui berbagai macam “Economic Tools”, bantuan rakyat, dan program lainnya.

Melihat dan mencermati situasi saat ini, Fraksi Partai Demokrat memberikan beberapa rekomendasi. Pertama, meminta dan memastikan pemerintah memvalidasi transparansi data secara berkala serta melakukan “Public Report” terkait update wabah virus corona terkini.

Mereka juga mengingatkan dan mendorong terus terciptanya kolaborasi, koordinasi, dan aksi tanggap, cepat, tepat antara pemerintah pusat dan daerah dengan seluruh stakeholder termasuk komunikasi di dunia.

"Ketiga, Fraksi Partai Demokrat mendukung Pemerintah untuk melakukan “Refocusing Program” untuk kesehatan rakyat, BLT, PKH Plus dan atau Program Jaring Sosial (Social Safety Nett) lainnya, dan relaksasi sektor usaha termasuk UMKM yang terdampak," ujar Ketua Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono.

Selanjutnya, mereka mengusulkan pemerintah tetap menjaga “distribusi alat kesehatan”, “ketahanan logistik”, “Supply & Demand” dan daya beli masyarakat agar ekonomi tetap bergerak.

"Kelima Fraksi Partai Demokrat (FPD) mengusulkan Pemerintah untuk mengajukan APBN-P 2020 demi terciptanya Target Asumsi yang sesuai dan Fiskal Indonesia yang Sehat, Prudent, dan Transparan untuk “Refocusing Program” tersebut.

"Demikian Rekomendasi FPD kepada Pemerintah. FPD akan terus berupaya membantu dan memberi solusi agar “Pressure” dalam “ketidakpastian” ini dapat terus berlalu yang pada akhirnya wabah virus corona (covid-19) hilang, perekonomian bangsa membaik, serta kehidupan sosial dan kesejahteraan rakyat pun terjaga. Karena, Harapan Rakyat adalah Perjuangan Kita Semua. “Keselamatan Rakyat Yang Utama”," tuntasnya.

KOMENTAR ANDA