1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Lomba Burung Berkicau Wujud Jaga Kelestarian Satwa

Editor: Hery Hardjo Winarno  16 September 2019 11:05
news/2019/09/16/166846/lomba-burung-berkicau-wujud-jaga-kelestarian-satwa-1909166.jpg Ketua DPR RI Bambang Soesatyo membuka lomba Burung Berkicau di DPR RI

DPR RI - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo terus membuat gebrakan kegiatan di DPR RI. Setelah sukses membuka pintu DPR RI bagi kalangan pecinta catur, motor, sampai stand up comedy, kini untuk pertama kalinya pintu DPR RI dibuka bagi para pecinta burung berkicau. Dampaknya, suasana DPR RI menjadi sangat riuh, tapi bukan oleh hujan interupsi anggota dewan saat bersidang ataupun demonstrasi massa.

"Melainkan kicauan burung yang saling bersahutan menunjukkan keindahan suaranya. Ini menunjukkan betapa kayanya Indonesia dengan aneka satwa burungnya," ujar Bamsoet, sapaan akrab Ketua DPR RI, saat membuka Pameran dan Lomba Burung Berkicau, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (15/9/2019).

Terbagi dalam tiga lapangan, politisi Partai Golkar ini menjelaskan, lomba burung berkicau menyajikan perlombaan dalam 72 kelas. Diikuti berbagai jenis burung seperti Jalak Suren, Love Bird Fighter, Kacer, Murai Batu, hingga cucak hijau.

"Pesan penting lain dalam acara ini adalah agar masyarakat bisa ikut serta menjaga kelestarian satwa burung. Tak lagi sembarangan mengambil burung di hutan, melainkan membelinya secara langsung ke penangkar yang sudah mendapatkan izin. Sehingga, kelestarian satwa tetap terjaga," jelas Bamsoet.

Legislator dapil Jawa Tengah VII ini meyakinkan lomba berlangsung fair, tidak ada diskriminasi ataupun keberpihakan. Mengingat, DPR RI bekerjasama dengan Radja Garuda Nusantara sebagai penjurian yang reputasinya sangat baik dan sudah malang melintang di dunia burung berkicau.

Bamsoet menambahkan, DPR RI sengaja secara berkala membuat berbagai kegiatan berbasis kegemaran (hobi). Dari mulai komunitas pecinta motor, catur, sampai pecinta lukisan, keris dan batu cincin, semua pernah menyelenggarakan acara di komplek DPR RI.

"Setiap kegiatan juga selalu menghadirkan pameran produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk membantu promosi dan pemasaran para pelaku UMKM. Sehingga rumah rakyat ini tak melulu disibukkan dengan kegiatan politik, tapi juga bisa santai sejenak bersama rakyat. Apalagi mendengar kicauan burung, membuat hati menjadi tentram dan damai," tuturnya.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini menambahkan, melalui kegiatan santai tersebut bisa lebih mendekatkan DPR RI dengan masyarakat. Selain juga bisa mengendurkan sedikit kelelahan akibat rutinitas kerja, maupun kernyit di dahi akibat situasi politik.

"Jangan sampai DPR RI ini terkesan sebagai lembaga yang angker, stressfull dan diisi oleh orang-orang yang dahinya berkeryit akibat lelah kerja. Kita juga perlu keseimbangan hidup agar bisa tertawa bersama. Salah satunya dengan berkumpul bersama komunitas berbasis hobi. Insya Allah, setelah lomba burung berkicau ke depannya akan banyak kegiatan sejenis lainnya yang kita selenggarakan," pungkas Bamsoet.

KOMENTAR ANDA