1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Komisi IV DPR apresiasi pemerintah stabilkan harga bahan pangan 

Editor: Haris Kurniawan  20 September 2017 16:38
news/2017/09/20/145022/komisi-iv-dpr-apresiasi-pemerintah-stabilkan-harga-bahan-pangan-170920m.jpg

DPR RI - Wakil Ketua Komisi IV DPR Roem Kono mengapresiasi peran pemerintah yang telah menjaga harga bahan pangan di pasaran menjadi relatif stabil meski menjelang Hari Raya Tahun Baru Islam I Muharram 1439 H. 

"Setelah saya melihat sendiri dan berbincang secara langsung dengan beberapa pedagang di Pasar Palmerah, saya senang karena rata-rata dari mereka mengatakan bahwa harga bahan-bahan makanan seperti beras, bawang, cabai, daging, dan ikan relatif stabil," ungkapnya saat inspeksi mendadak ke Pasar Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (20/9). 

Hal tersebut berarti harga yang diterima dan diberikan tidak berbeda saat Idul Fitri lalu. Menurutnya, ini merupakan sebuah hal yang positif dan patut diapresiasi. 

Di sisi lain, ia juga mendapat aspirasi dari beberapa pedagang terkait masuknya beberapa komoditi dari negara lain, seperti beberapa waktu lalu impor bawang putih, bahkan impor garam. Maka dari itu, bukan tidak mungkin hal tersebut akan kembali memunculkan gejolak di masyarakat, pedagang dan juga petani. Sebisa mungkin harus diantisipasi sejak dini. 

Terkait hal tersebut, Roem Kono menilai perlunya sebuah badan ketahanan pangan untuk terus mengontrol ketersediaan bahan pangan di masyarakat. Merujuk pada UU No. 18 Tahun 2012 sudah lama diberlakukan, tetapi hingga saat ini belum adanya badan ketahanan pangan. 

Sementara satuan tugas (satgas) pangan yang sempat dibentuk beberapa waktu lalu dengan melibatkan TNI dan berbagai kementerian terkait sifatnya hanya sementara. Maka, pihaknya berharap agar pemerintah segera membentuk badan ketahanan pangan sebagaimana yang diamanatkan UU tersebut. (AMANDA FN)

KOMENTAR ANDA