1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Komisi III: Apapun Metode Berantas Korupsi, yang Penting Uang Negara Selamat

Editor: Haris Kurniawan  20 Desember 2021 15:54
news/2021/12/20/170025/komisi-iii-apapun-metode-berantas-korupsi-yang-penting-uang-negara-selamat-211220v.jpg Gedung DPR

DPR RI - Kemarin (19/12) Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan bahwa KPK senantiasa terus berbenah untuk menyempurnakan metode penanganan korupsi di Indonesia. Adapun beberapa terobosan yang dilakukan KPK di antaranya adalah pendekatan asset recovery, penerimaan negara bukan pajak, hingga memitigasi perilaku korupsi.

Hal ini kemudian mendapat dukungan dari Wakil Ketua Komisi III DPR RI asal Fraksi Partai Nasdem, Ahmad Sahroni. Menurutnya, kinerja Firli sejauh ini sudah sangat baik karena beliau tidak hanya memfokuskan pada penangkapan, namun juga berbagai elemen pemberantasan korupsi lainnya.

“Saya sendiri sebagai mitra melihat bahwa dalam melakukan kerjanya, KPK di bawah Pak Firli sudah sangat komprehensif. Tidak hanya sigap menangkap, tapi juga aktif mencegah, dan setelahnya juga tidak kendor dalam mengejar aset koruptor hingga bisa dikembalikan ke negara. Jadi memang beliau ini memberantas korupsi tanpa gaduh, tapi mau gaduh atau senyap, kan yang penting uang negara selamat” ujar Sahroni dalam keterangannya hari ini (20/12).

Sahroni menegaskan bahwa hal ini penting, mnengingat dalam hal pemberantasan korupsi, semua elemen harus diperhatikan, termasuk juga pencegahannya.

“Justru ini yang penting, karena Pemberantasan korupsi oleh KPK itu bukan hanya menangkap atau OTT, yang nilai beritanya tinggi. Namun yg terpenting adalah pencegahan korupsi itu terjadi. Begitu juga asset recovery, bagaimana penegak hukum bisa dengan mengembalikan uang negara secara maksimal. Nah kalau kedua hal ini juga difokuskan, maka memang akan minim kegaduhan. Stabilitas sosial politik akan lebih kondusif,” demikian Sahroni.

KOMENTAR ANDA