1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Ketua DPR Puji Keputusan Jokowi Soal Komposisi Menteri dari Profesional & Politikus

Editor: Hery Hardjo Winarno  16 Agustus 2019 07:04
news/2019/08/15/166557/ketua-dpr-puji-keputusan-jokowi-soal-komposisi-menteri-dari-profesional-politikus-190815r.jpg Ketua DPR RI Bambang Soesatyo

DPR RI - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memuji rencana Presiden Joko Widodo membagi porsi calon menteri dari kalangan profesional 55 persen dan dari unsur parpol 45 persen. Menurutnya, Jokowi mengambil langkah tepat.

"Presiden sudah tahu kebutuhan pemerintahannya lima tahun ke depan, maka ia memberikan komposisi pemerintahannya lebih banyak profesionalnya. Menurut saya itu pilihan tepat," kata pria yang akrab disapa Bamsoet di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (15/8).

Bamsoet percaya, Jokowi sudah melakukan komunikasi dengan parpol koalisi untuk penentuan komposisi kabinet. Namun, keputusan akhir tetap berada di tangan Jokowi sebagai hak prerogatif.

"Menurut saya tidak ada yang perlu dikhawatirkan, Presiden sudah mengkalkulasi dampak keputusannya tugas kita mensupport bagaimana pemerintahan berjalan baik," kata Bamsoet.

Politikus Partai Golkar itu juga enggan berkomentar banyak terkait kabar Jokowi akan mengganti menteri sebelum pelantikan 20 Oktober. Menurutnya, langkah itu tidak masalah.

"Barangkali ada yang memandang masa percobaan itu penting bagi menteri atau beberapa menteri lama yang saya dengar masih dipertahankan. Saya juga dengar ada menteri menteri baru yang akan diumumkan lebih awal dan ada menteri lainnya diumumkan nanti pada saat pelantikan kabinet," katanya.

KOMENTAR ANDA