1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Ketua DPR Minta Kemenkes Kirimkan Vaksin & Obat untuk Kasus KLB Hepatitis A di Pacita

Editor: Hery Hardjo Winarno  01 Juli 2019 17:25
news/2019/07/01/166091/ketua-dpr-minta-kemenkes-kirimkan-vaksin-obat-untuk-kasus-klb-hepatitis-a-di-pacita-190701b.jpg Ketua DPR RI Bambang Soesatyo

DPR RI - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk segera mengirimkan vaksin maupun obat-obatan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat terjangkit Hepatitis A ke Dinas Kesehatan Daerah pacitan. Hal ini terkait ditetapkannya Kejadian Luar Biasa (KLB) Hepatitis A sebagai akibat adanya kasus ditemukannya 967 kasus Hepatitis A di Pacitan, Jawa Timur di mana 41 orang diantaranya masih menjalani rawat inap di rumah sakit.

"Kita mendorong Kemenkes melalui Dinas Kesehatan Daerah untuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang penyebaran penyakit Hepatitis A, yaitu gejala awal penyakit serta tata cara berperilaku hidup sehat guna menghindari tertularnya virus Hepatitis A," ujar Bambang Soesatyo, Senin (1/7).

Selain itu, Bamsoet juga mendorong Kemenkes melalui Dinas Kesehatan untuk aktif terjun ke masyarakat guna memberikan pertolongan kesehatan kepada masyarakat seperti memberikan bantuan dan pemeriksaan kesehatan. Selain n itu, Dinas Kesehatan Daerah juga harus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pihak-pihak terkait lainnya dalam hal penanggulangan kondisi KLB Hepatitis A.

"Mengimbau masyarakat untuk turut menjaga kebersihan rumah dan lingkungan terutama sanitasi, dan selalu menjalankan pola hidup sehat serta mengonsumsi makanan yang sehat dan bersih guna mencegah penyebaran dan terjangkit virus Hepatitis A," pungkasnya.

KOMENTAR ANDA