1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Ketua DPR: Gerakan Pramuka harus mampu diterima generasi milenial

Editor: Haris Kurniawan  14 Agustus 2017 12:31
news/2017/08/14/140694/ketua-dpr-gerakan-pramuka-harus-mampu-diterima-generasi-milenial-1708143.jpg

DPR RI - Memperingati Hari Jadi Gerakan Pramuka ke 56 sejak didirikan pada 14 Agustus 1961, Ketua DPR Setya Novanto berharap Pramuka terus memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.

Dia mengatakan, sejarah menunjukkan, gerakan kepanduan yang dipelopori kaum muda telah ikut andil dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Gerakan kepanduan seperti Pramuka harus mampu melanjutkan perjuangan dengan mengisi kemerdekaan, terutama dalam menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

"Di masa kini, setidaknya ada dua tantangan besar yang dihadapi Bangsa Indonesia. Maraknya peredaran Narkoba dan ancaman disintegrasi bangsa menjadi ancaman serius bagi kelangsungan masa depan bangsa. Karena itu, kegiatan kepramukaan sangat penting bagi anak-anak Indonesia," kata pria akrab disapa Setnov ini, Senin (14/8).

"Melalui berbagai kegiatan yang banyak dilakukan di alam terbuka dengan berbagai aktifitas yang menarik dan menyenangkan, dengan sistem nilai yang didasarkan pada Satya dan Darma Pramuka, jiwa-jiwa muda dididik akhlak, watak, serta budi pekerti yang luhur," tambahnya.

Tak hanya itu, lanjut Setnov, gerakan Pramuka juga mengajarkan sikap patriotik, nasionalisme, dan bersahabat dengan alam. Sehingga menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi yang dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, bertanggungjawab serta mampu mengisi kemerdekaan dengan karya yang positif.

"Memasuki usia yang ke-56, Gerakan Pramuka juga harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan informasi dan teknologi yang berkembang sangat pesat. Melalui pemanfaatan media sosial, saya yakin Gerakan Pramuka mampu mengkampanyekan, menyebarkan, dan memberikan inspirasi bagi kaum muda. Sehingga Gerakan Pramuka bisa hadir dan diterima di tengah generasi milenial."

"Di hari jadi Pramuka yang berbahagia ini, saya juga ingin mengucapkan terimakasih atas pengabdian yang tulus kepada seluruh Pembina Pramuka dari tingkat Gugus Depan hingga Kwartir Nasional. DPR RI terus memberikan dukungan kepada Gerakan Pramuka sebagai garda terdepan dalam membentuk karakter jati diri kaum muda. Melalui fungsi anggaran, Pramuka mendapatkan total anggaran dari negara sebesar Rp 34 Miliar. Tak menutup kemungkinan jika pada tahun mendatang anggaran tersebut bisa dinaikan, seiring banyaknya kegiatan positif yang dilakukan Pramuka," pungkasnya.

KOMENTAR ANDA