1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Ketua DPR Desak Pemerintah Angkat Guru Honorer Lulus PPPK

Editor: Hery Hardjo Winarno  25 November 2019 12:22
news/2019/11/25/167263/ketua-dpr-desak-pemerintah-angkat-guru-honorer-lulus-pppk-191125k.jpg Ketua DPR Puan Maharani

DPR RI - Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah segera mengangkat para guru honorer yang dinyatakan lulus tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada Februari lalu. Hal itu, dia katakan dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh pada hari ini, 25 November 2019.

"Masalah ini sudah pernah dibahas dalam Raker Komisi II. Mereka sudah meminta Badan Kepegawaian Negara (BKN) segera menangani persoalan ini," kata Puan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (25/11).

Menurut Puan, BKN sampai saat ini masih beralasan terkendala regulasi untuk mengangkat para guru honorer. Sedangkan, Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) pun belum membuat regulasi terkait hal tersebut.

"Karena itu DPR mendorong pemerintah agar segera mengeluarkan regulasi tentang pengangkatan guru honorer yang telah lulus tes pada Februari 2019 lalu sebagai pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja," ujar dia.

Politikus PDI Perjuangan ini menilai, guru adalah ujung tombak pembangunan sumber daya manusia. Maka dari itu, dia mendorong kesejahteraan guru harus terus diperhatikan.

"Guru adalah pondasi pembangunan SDM. Karena itu pemerintah wajib meningkatkan kesejahteraan serta kapasitas dan kompetensinya," kata dia.

Selain itu, Puan meminta agar pemerintah bisa mengembangkan kompetensi para guru. Sehingga bisa mengembangkan kualitas para siswa yang diajarkan.

"Anggaran pendidikan kita sama dengan negara Asean seperti Vietnam yakni 20 persen dari APBN. Tapi skor PISA kita kalah jauh," tandasnya. 

KOMENTAR ANDA