1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Keanekaragaman Hayati Danau Sentani Harus Dijaga

Editor: Rizlia Khairun Nisa  18 Februari 2019 17:14
news/2019/02/18/165020/keanekaragaman-hayati-danau-sentani-harus-dijaga-190218h.jpg

DPR RI - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Michael Watimena menjelaskan, Danau Sentani telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai satu dari 15 danau prioritas nasional. Oleh sebab itu, keanekaragaman hayatinya perlu dijaga, dipelihara dan dilestarikan agar keragaman spesies ikan endemik yang menjadi keunikan dan ciri khas Sentani tidak hilang.

Menyadari hal tersebut, secara konkret Tim Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI menyerahkan bantuan bibit ikan sebanyak 5000 ekor beserta pakan kepada masyarakat Kampung Yoboi, di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Bahkan ke depan akan ditambah menjadi 1 juta bibit ikan.

"Sesuai yang disampaikan Direktur Ikan dan Kesehatan Ikan Air Tawar, ke depan akan didatangkan dengan jumlah yang signifikan yakni mencapai 1 juta ekor. Semoga dengan ditambahnya 1 juta ekor ini bisa menambah populasi ikan yang ada di Danau Sentani, secara khusus di Kampung Yoboi," jelas Michael di Kampung Yoboi, Sentani, Jayapura, Jumat (15/2).

Selain itu Anggota Komisi IV DPR RI Sulaeman L Hamzah yang turut serta dalam Kunker ini juga terlibat aktif memperhatikan kebutuhan masyarakat Kampung Yoboi. Ia juga ikut menyerahkan bibit ikan didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri.

Penyerahan bantuan bibit ikan kepada masyarakat Kampung Yoboi untuk menambah jumlah populasi ikan air tawar di Sentani khususnya di Kampung Yoboi. Sehingga diharapkan, melalui penyerahan ikan tersebut berpotensi memberikan dampak positif terlebih khusus terkait dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat peternak ikan di kampung itu.

Budi daya ikan di Danau Sentani harus dilakukan mengingat dari waktu ke waktu populasi ikan air tawar di Danau Sentani semakin berkurang. Sehingga dengan adanya bantuan benih ikan ini bisa kembali meningkatkan populasi ikan air tawar di Danau Sentani.

Pada tahun 1993, Universitas Cendrawasih telah melakukan penelitian keragaman jenis ikan di Danau Sentani, hasilnya dijumpai 35 spesies ikan. Kemudian pada tahun 2016-2017 dilakukan penelitian kembali, hasilnya keragaman ikan yang ada di danau Sentani tinggal 19 spesies saja. Hal ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang mempengaruhi berkurangnya spesies ikan Danau Sentani, berikut spesies endemiknya, seperti Glossogobius sentaniensis, Chilatherina sentaniensis, dan Glossolepis incisus.

Untuk itu, Komisi IV DPR RI berpesan kepada Pemerintah Provinsi dan masyarakat yang berkepentingan agar dalam pemanfaatan Danau Sentani melalui pendekatan kearifan lokal, keseimbangan lingkungan dan memegang prinsip-prinsip pengelolaan berkelanjutan.

KOMENTAR ANDA