1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Fraksi NasDem Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR RI

Editor: Hery Hardjo Winarno  03 Oktober 2019 12:38
news/2019/10/03/166961/fraksi-nasdem-dukung-bamsoet-jadi-ketua-mpr-ri-1910031.jpg Bambang Soesatyo

DPR RI - Ketua Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Johnny Plate menyampaikan bahwa NasDem mendukung Bambang Soesatyo (Bamsoet) sebagai ketua MPR.

"Hampir semua fraksi di MPR dari unsur DPR mendukung Bambang Soesatyo. Jadi, kalau secara realistis dukungan itu sudah lebih dari 50 persen," kata Johnny ditemui jelang Rapat Gabungan Pimpinan Sementara MPR dengan Pimpinan Fraksi dan Kelompok DPD di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis.

Untuk itu, Johnny yakin bahwa penentuan kursi ketua MPR akan dilakukan dengan musyawarah untuk mufakat.

Menurut Johnny, Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) bahkan memiliki semangat yang sama agar MPR bisa terwujud menjadi lembaga untuk permusyawaratan untuk permufakatan.

"Sehingga saya meyakini Bamsoet akan menjadi ketua MPR melalui mekanisme musyawarah mufakat," ujar Johnny.

Namun, apabila langkah mengambil suara terbanyak atau voting harus dilakukan, maka Johnny menilai hal tersebut akan mencederai semangat dasar revisi Undang-undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) yang melebarkan unsur pimpinan MPR dari awalnya berjumlah lima orang menjadi 10 orang.

"Ini adalah ujian pertama MPR untuk lima tahun ke depan. MPR punya tugas strategis. Misalnya, untuk melakukan amandemen kembali, walaupun terbatas untuk menyerap dan membangun landasan konstitusi primer dalam haluan bernegara," ujar Johnny.

KOMENTAR ANDA