1. HOME
  2. »
  3. BERITA

DPR Tetap Bekerja di Tengah Pandemi Covid-19

Editor: Hery Hardjo Winarno  24 April 2020 15:38
news/2020/04/24/167910/dpr-tetap-bekerja-di-tengah-pandemi-covid-19-200424q.jpg Ketua DPR Puan Maharani

DPR RI - Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan bahwa lembaga yang dipimpinnya tetap bekerja dalam menjalankan tugas konstitusionalnya di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) ini. Adapun saat ini DPR RI fokus dalam penanganan Covid 19 di berbagai daerah dengan rutin melakukan rapat kerja antara komisi dengan mitra kerjanya guna pembahasan realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19.

"Alhamdulilah sampai saat ini DPR tetap menjalankan tugas konstitusionalnya di tengah pandemi Covid-19. Anggota DPR yang rapat tetap dilaksanakan dengan protokoler Covid di setiap Komisi. Jadi semua tugas di Komisi dilakukan dengan protap waspada Covid-19,” ujar Puan saat konferensi pers usai penyerahan bantuan sembako kepada karyawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Puan menuturkan, protokoler Anggota Dewan saat rapat itu diperlukan guna mencegah penyebaran Covid 19, namun tetap tidak meninggalkan tugas dan tanggungjawabnya dalam menjalankan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan. Sehingga beberapa Anggota Dewan pun banyak yang melakukan rapat dengan mekanisme virtual.

"Walaupun DPR bekerja tidak secara full di kantor tapi melakukan tugasnya virtual. Kerja terkait penanganan Covid 19 tetap dijalankan di komisi masing-masing agar apa yang dilakukan di DPR ini bisa berjalan sebagaimana mestinya dan bersinegri dengan eksekutif jalankan tugasnya," papar Puan.

Politisi PDI-Perjuangan ini melanjutkan, kerja penanganan Covid-19 ini pun tak saja menjadi domain Pemerintah dan DPR RI. Tetapi juga perlu ada sinergi yang baik antar masyarakat dengan masyarakat. Perlu ada gotong royong bersama untuk melawan virus yang diduga berasal dari Wuhan, China ini.

"Saat seperti ini adalah gotong royong dibutuhkan kita semua. Kami di DPR pun juga bergotong royong dengan Bank Bukopin untuk memberikan sembako bagi yang kerja di lingkungan DPR RI seperti cleaning service, office boy, supir, pekerja taman, pemadam kebakaran serta ojek online. Pimpinan DPR pun juga minta masyarakat untuk jalankan prinsip gotong royong spt ini," jelas Puan.

Melalui gerakan gotong royong antar lembaga eksekutif dan legislatif serta pemerintah daerah dan masyarakat, diyakini mantan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu akan menjadi elemen penting guna menghentikan penyebaran Covid-19 ini.

KOMENTAR ANDA