1. HOME
  2. »
  3. BERITA

DPR Segera Gelar Fit and Proper Test Calon Kapolri Komjen Idham Aziz

Editor: Haris Kurniawan  28 Oktober 2019 13:13
news/2019/10/28/167100/dpr-segera-gelar-fit-and-proper-test-calon-kapolri-komjen-idham-aziz-1910287.jpg Sufmi Dasco

DPR RI - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyebut, uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri pengganti Tito Karnavian bakal dilakukan dalam waktu dekat. Pimpinan DPR akan melakukan rapat paripurna untuk menugaskan Komisi III melakukan uji kelayakan dan kepatutan Komjen Pol Idham Aziz dalam rapat paripurna, Selasa (29/10) besok.

Dasco mengatakan, hari ini pimpinan DPR akan membahas Surat Presiden terkait pencalonan Komjen Idham Aziz.

"Hari ini kita ada rapim untuk membahas Surpres Kapolri tersebut dan kalau jadi besok setelah sore bamus, akan diadakan rapat paripurna yang isinya antara lain akan menugaskan komisi III untuk melakukan fit and proper test Kapolri," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/10).

Dasco mengatakan, komisi di DPR bakal terbentuk paling lambat besok. Wakil Ketua DPR bidang Korpolhukam, Aziz Syamsuddin bakal menetapkan komisi III dalam waktu dekat.

"Pak Aziz sebagai ketua bidang Korpolhukam sore atau besok akan menetapkan komisi," ucapnya.

Waketum Gerindra itu menyebut, proses uji kelayakan dan kepatutan Kapolri tidak berjalan lama. Menurut Dasco, sosok Idham dari segi kapasitas dan angkatan memenuhi syarat sebagai calon Kapolri. Kabareskrim itu juga disebut tidak ada penolakan.

"Saat ini ya saya belum melihat adanya penolakan pada sosok yang dikirim oleh presiden tersebut," kata Dasco.

KOMENTAR ANDA