1. HOME
  2. »
  3. BERITA

DPR: Pengesahan RUU KUHP dan Pemasyarakatan Ditunda sampai Waktu yang Tak Ditentukan

Editor: Hery Hardjo Winarno  25 September 2019 11:54
news/2019/09/25/166920/dpr-pengesahan-ruu-kuhp-dan-pemasyarakatan-ditunda-sampai-waktu-yang-tak-ditentukan-1909250.jpg Sidang Paripurna DPR

DPR RI - Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan pemerintah dan DPR sudah sepakat untuk menunda pengesahan RUU KUHP dan RUU Pemasyarakatan (PAS). Penundaan itu dilakukan sampai waktu yang tidak ditentukan.

"Sampai waktu yang tidak ditentukan kemudian," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9).

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menegaskan RUU tersebut bisa saja disahkan pada periode ini. Namun tak tertutup kemungkinan juga diselesaikan pada periode DPR 2019-2024.

"Bisa sekarang sebelum akhir periode atau periode yang akan datang," ungkapnya.

Bamsoet menjelaskan penundaan itu dilakukan untuk membahas lagi pasal-pasal yang kontroversial. Hal itu guna menyamakan persepsi antara DPR, pemerintah dan publik.

"Ya jadi penundaan diperlukan yang pertama adalah sesuai dengan keinginan kita bersama kalau ada pasal-pasal yang masih kontroversi dalam waktu yang akan datang kita akan bahas kembali harus ada kesamaan pandang antar kita dan publik," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menegaskan, telah meminta agar empat Rancangan dan revisi Undang-Undang untuk ditunda. Jokowi ingin, rancangan UU tersebut dibahas bersama DPR periode 2019-2024.

Jokowi mengungkap ini dalam rapat konsultasi bersama pimpinan DPR siang tadi. Rapat itu dihadiri langsung oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo dan sejumlah pimpinan fraksi.

"Intinya tadi saya meminta agar pengesahan untuk RUU Pertanahan pertama, kedua RUU Minerba, ketiga RUU KUHP, kemudian yang keempat RUU Pemasyarakatan, itu ditunda pengesahannya," jelas Jokowi saat jumpa pers di Istana Negara, Senin (23/9).

 

KOMENTAR ANDA