1. HOME
  2. »
  3. BERITA

DPR Minta Pam Swakarsa Jangan Jadi Alat Kekuasaan

Editor: Hery Hardjo Winarno  27 Januari 2021 15:09
news/2021/01/27/168848/dpr-minta-pam-swakarsa-jangan-jadi-alat-kekuasaan-210127t.jpg Raker Komisi III DPR

DPR RI - Wakil Ketua Komisi III DPR, Pangeran Khairul Saleh mengingatkan agar wacana Pengamanan Swakarsa (Pam Swakarsa) jangan sampai menjadi alat kekuasaan. Pasalnya, hal itu bisa bertentangan dengan sistem demokrasi di Indonesia.

 
"Jangan sampai Pam Swakarsa yang dibentuk ini kewenangan kebablasan dan jangan sampai dijadikan sebagai alat kekuasaan yang akan berbenturan dengan kepentingan masyarakat umum," ucap Pangeran.
 
Pangeran menambahkan, bila hal ini terjadi sangat berbahaya. Sebab bisa menurunkan nilai kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.
 
"Kalau itu terjadi akan menurunkan nilai demokrasi dan kepercayaan masyarakat pada pemerintah," kata Pangeran Khairul Saleh di Jakarta dilansir Antara, Rabu (27/1).
 
Menurutnya, masyarakat masih dalam situasi yang traumatik terhadap Pam Swakarsa yang pernah ada pada tahun 1998-1999, secara historis memiliki catatan yang kurang baik yaitu terjadinya benturan dengan masyarakat sipil.
 
Menurut dia, Polri telah memberikan penjelasan bahwa Pam Swakarsa yang akan dibentuk, berbeda dengan yang lalu, dan pelaksanaannya akan diintegrasikan dengan teknologi informasi dan bersifat partisipatif.
 
"Namun yang perlu diingat, secara histori Pam Swakarsa masa lalu menjadi hal yang sulit dilupakan oleh masyarakat umum," ujarnya.
 
Dia menyarankan agar pembinaan dan pengawasan oleh Kepolisian harus benar-benar dilaksanakan dengan baik dan ketat karena ada kekhawatiran Pam Swakarsa yang sebenarnya sudah berjalan di masyarakat, setelah mendapat legitimasi akan bertindak melebihi kewenangan.
 
Pangeran menilai sosialisasi menjadi hal penting untuk dilakukan bagi pelaksana agar memahami tugasnya maupun bagi masyarakat sehingga mampu melaksanakan kontrol dalam pelaksanaannya.
 
"Saya berharap pengalaman di masa lalu menjadi pembelajaran bagi pembentukan Pam Swakarsa saat ini," katanya.
 
Politikus PAN itu mengajak semua pihak untuk mengawal Pam Swakarsa agar tidak keluar dari koridornya dan tetap selalu dievaluasi serta dikaji untuk penyempurnaan.

KOMENTAR ANDA