1. HOME
  2. »
  3. BERITA

DPR Ingatkan Pemerintah Tidak Berutang Kepada Pinjaman Luar Negeri

Editor: Haris Kurniawan  01 April 2020 14:06
news/2020/04/01/167781/dpr-ingatkan-pemerintah-tidak-berutang-kepada-pinjaman-luar-negeri-200401a.jpg Muhaimin Iskandar

DPR RI - Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar mengaku khawatir terhadap ketersediaan anggaran negara untuk menanggulangi bencana virus Corona (Covid-19) serta restrukturisasi ekonomi Indonesia di tengah meningkatnya wabah Covid-19.

Dia mengkhawatirkan, kondisi tersebut dapat menambah jumlah utang luar negeri karena keterbatasan anggaran.

"Saya melihat situasi saat ini dengan jumlah anggaran terbatas yang dimiliki negara saat ini justru akan dapat membuka potensi godaan berutang kepada luar negeri. Jangan sampai karena besaran utang membuat Indonesia tidak merdeka," kata Muhaimin di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Selasa (31/3).

Memperhatikan hal itu semua, politisi PKB inipun berharap Pemerintah dapat memiliki solusi logis, cepat dan tepat untuk menutupi kebutuhan anggaran yang besar dalam situasi bencana nasional seperti saat ini. Ia menyebutkan, negara lebih baik berutang kepada warga negara sendiri daripada berutang kepada luar negeri.

"Tidak apa-apa negara ini berutang kepada mereka yang kaya di negeri ini, intinya dari dalam negeri sendiri. Mari dikumpulkan agar Indonesia dapat merdeka," tutur Muhaimin.

Politisi daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur VIII ini juga mengingatkan agar Pemerintah punya kebijakan rasional. Maka itu, segala kebijakan mulai anggaran sampai dampak ekonominya harus dipikirkan Pemerintah.

Tidak hanya Pemerintah, kader PKB juga diminta oleh Muhaimin agar dapat berperan aktif untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait gaya hidup sehat sampai cara berinteraksi yang wajar.

"Masyarakat harus tetap hidup sehat, menghindari kegiatan publik yang tidak perlu, dan aktif menyosialisasikan cara-cara pencegahan Covid-19 melalui media komunikasi, medsos, dan sebagainya," paparnya.

Muhaimin juga mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebugaran tubuh dalam menghadapi virus Corona. Karena sudah terbukti secara ilmiah kondisi badan yang fit dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta disiplin menerapkan physical distancing untuk pencegahan terinfeksi Covid-19.

"Jadi yang harus dijaga adalah kebugaran badan supaya vit, seperti olahraga teratur, tidur cukup, mengonsumsi vitamin, makan-makanan bersyarat dan lain-lain. Ditambah, tidak boleh rasa takut, karena kalau kita takut, secara psikologis anti body kita juga akan jadi lemah," tandas Gus Ami, sapaan akrab Muhaimin.

KOMENTAR ANDA