1. HOME
  2. »
  3. BERITA

DPR gelar expo peduli huntara for NTB

Editor: Hery Hardjo Winarno  20 September 2018 15:17
news/2018/09/20/162258/dpr-gelar-expo-peduli-huntara-for-ntb-1809200.jpg

DPR RI - Wakil Ketua DPR RI Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra), Fahri Hamzah mengatakan, acara Expo DPR Peduli Huntara for NTB yang tengah digelar di pelataran Nusantara II Gedung DPR RI, Kamis (20/9/2019) ini adalah ikhtiar berlanjut DPR RI atas kepedulian terhadap Nusa Tenggara Barat (NTB), yang belum lama diguncang gempa bumi berturut-turut.

"Ini adalah ikhtiar berlanjut kita yang terus dilakukan, karena kita tahu dampak dari gempa yang datang beruntun di NTB. Dan, dalam acara ini kita juga sengaja mendatangi pihak-pihak terkait NTB yang sangat paham akan daerahnya," sebut Fahri berbicara dalam acara talkshow DPR Peduli Huntara for NTB yang dibuka oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Karena, menurut politisi PKS yang juga asal NTB itu, mereka lah (gubenur, pemda, walikota maupun camat dan lurah) yang lebih merasakan penderitaan rakyatnya.     

"Sebab, ada yang terus menerus kita tidak paham di luar, utamanya yang terkait dengan instruksi presiden. Apalagi instruksi gubernur yang baru dilantik kemarin," katanya.

Maka dari itu, lanjut Fahri, pemerintah daerah setempat lah yang mesti didengar karena mereka yang punya rakyat. Dengan adanya masukan dari mereka, maka dapat membuat disain dan mencari solusi bagi masyarakat Lombok dan Sumbawa yang rumahnya terkena dampak gempa.

"Karena, ada kesan pemerintah nggak punya uang. Maka sampai rapat dengan 16 kementerian, begitu saya kejar memang nggak bisa jawab problem ini. Sebenarnya uangnya berapa dan niat nggak membiayai?" ungkapnya lagi.

Sementara itu data lapangan, sederhananya minta uang ditransfer, dan modalnya untuk membuat rumah. Apalagi masyarakat sudah diverifikasi Pemda dan difoto kondisi rumah mereka dan hasil verifikasi sudah ditandatangani bupati dan dikirim ke pusat.

"Memang uangnya sudah ditransfer, tapi uang tidak bisa dicairkan. Makanya saya bilang, faktanya untuk rumah belum ada uang," cetusnya seraya mengimbau yang berpunya agar menyumbangkan dananya untuk bantu masyarakat NTB membangun rumahnya kembali.

Kesempatan itu, Fahri juga mengatakan bahwa forum DPR Peduli Huntara for NTB ini, salah satu targetnya adalah meminta agar pemerintah segera mentransfer uang itu.

"Kalau nggak ada uang ngaku saja. Saya dengar dia mau ngais-ngais uang dari kompensasi tambang (royalti), itu kan uang kita. Yang kita tanya ada uang baru nggak?" tegasnya.

KOMENTAR ANDA