1. HOME
  2. »
  3. BERITA

DPR Apresiasi Imigrasi Berhasil Pulangkan Buronan Koruptor Jepang

Editor: Haris Kurniawan  24 Juni 2022 16:15
site/DPR RI/news/2022/06/24/170354/dpr-apresiasi-imigrasi-berhasil-pulangkan-buronan-koruptor-jepang--2206241.jpg Buronan Jepang dipulangkan

DPR RI - Pada (22/6) Direktorat Jenderal Kemigrasian Kementerian hukum dan HAM resmi mendeportasi seorang warga negara Jepang bernama Mitsuhiro Taniguchi yang menjadi buronan dan tersangka atas kasus penipuan dana bansos Covid-19 di negaranya.

Tersangka Mitsuhiro Taniguchi dikawal ketat oleh petugas Imigrasi dan Interpol yang kemudian diterbangkan menggunakan pesawat maskapai Japan airlines melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Berkaitan dengan pencapaian ini, Wakil Ketua Komisi III DPR RI asal Fraksi Partai NasDem Ahmad Sahroni menyampaikan penghargaannya kepada tim imigrasi yang bekerjasama dengan interpol. Menurutnya, hal ini menunjukkan kesigapan dari tim imigrasi dalam menjalin kerjasama lintas penegak hukum di dalam dan di luar negeri.

“Ini prestasi yang luar biasa, terutama jika kita melihat timeline penangkapan yang sangat cepat dan sigap. Bisa dibilang, imigrasi dalam hal ini telah sangat berhasil menjalin kerja sama penangkapan tidak hanya dengan sesama penegak hukum di tanah air seperti polisi, namun juga dengan penegak hukum lintas negara. Ini tentunya kerja tim yang telah diorkestrai dengan sangat baik oleh ditjen imigrasi,” ujar Sahroni dalam keterangannya hari ini (24/6).

Selanjutnya, Sahroni berhadap agar pencapaian gemilang ini terus menjadi tren positif yang tak hanya dilakukan oleh imigrasi, tapi oleh seluruh institusi penegak hukum di Indonesia.

“Saya berharap sekali, prestasi gemilang seperti ini juga menjadi contoh dan teladan bagi institusi lain, agar semuanya berlomba-lomba menunjukkan prestasi terbaiknya dalam menegakkan hukum di tanah air. Prestasi imigrasi ini adalah tolak ukurnya,” demikian Sahroni.

KOMENTAR ANDA