1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Diah Dorong Pemanfaatan Potensi Geothermal untuk Wisata

Editor: Haris Kurniawan  10 Desember 2021 20:51
news/2021/12/10/169998/diah-dorong-pemanfaatan-potensi-geothermal-untuk-wisata-211210k.jpg Gedung dpr

DPR RI - Anggota Komisi VII DPR RI Diah Nurwitasari mengatakan potensi energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia sangat banyak, namun pemanfaatannya seperti potensi geothermal sendiri masih sedikit. Dirinya juga mendorong agar potensi EBT selain untuk energi juga bisa dimanfaatkan untuk pariwisata.

Demikian dikatakan Diah usai pertemuan tim kunspek Komisi VII DPR RI dengan Wali Kota Sulut beserta jajaran, turut hadir Dirjen EBTKE Kementerian ESDM, Dirut PGE di  Tomohon, Sulawesi Utara, Rabu (8/12).

"Hasil dari panas bumi area Lahendong Tomohon yang didapat tidak hanya uap panas saja, tetapi juga ada sumber air panasnya yang sampai dengan hari ini terlewatkan dengan begitu saja. Sebetulnya air panas ini juga bisa digunakan oleh masyarakat sekitar untuk membangun wisata air panas," terang Diah.

Diah menilai perlu ada satu sinergi antara pemerintah dengan pihak swasta untuk bisa mengembangkan dan menggali potensi wisata panas bumi yang ada di Indonesia dan harus ada keseriusan terkait dengan investasi dalam pengembangannya.

"Meskipun bekerja sama dengan swasta harus dengan keberpihakan  yang sungguh-sungguh dari pemerintah untuk menjaga kepentingan utamanya karena sumber energi baru terbarukan untuk wisata air panas bisa menjadi sesuatu yang terjangkau dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas," pungkas wakil rakyat dapil Jawa Barat II.

KOMENTAR ANDA