1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Di Sidang Tahunan, Ketua DPR Minta Pemerintah Beri Perhatian Atas Pelanggaran HAM

Editor: Haris Kurniawan  16 Agustus 2019 15:07
news/2019/08/16/166574/di-sidang-tahunan-ketua-dpr-minta-pemerintah-beri-perhatian-atas-pelanggaran-ham-190816n.jpg Ketua DPR Bambang Soesatyo

DPR RI - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet meminta Pemerintah memberikan perhatian lebih terhadap penyelesaian kasus pelanggaran HAM. Sebab, berdasarkan laporan Komnas HAM, belum ada kemajuan signifikan dari penyelesaian pelanggaran HAM.

"Pada akhir periode ini DPR juga meminta Pemerintah untuk memberikan perhatian terhadap penyelesaian kasus pelanggaran HAM," kata Bamsoet dalam Sidang Tahunan MPR, DPR dan DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).

Selain itu, dia menilai aduan-aduan atas kasus-kasus pelanggaran HAM juga kurang mendapat respons dari penegak hukum atau pemerintah.

"Demikian juga dengan penuntasan kasus pelanggaran HAM berat. Tidak ada satupun perkara pelanggaran HAM berat yang dituntaskan dalam masa pemerintahan 2014-2019," tegas dia.

Dalam pidatonya, Politikus Partai Golkar ini juga mengklaim kinerja DPR sudah sesuai target. Dia berharap, panja dan tim-tim pengawas DPR dapat menyelesaikan tugasnya demi mengontrol dan memberikan masukan kepada pemerintah.

"Kinerja DPR di bidang pengawasan sampai saat ini telah berjalan maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan sikap responsif DPR terhadap hasil temuan panja yang dibentuk oleh Alat Kelengkapan Dewan, Tim Pemantau, maupun Tim Pengawas DPR RI. Seluruh panja dan tim yang dibentuk oleh DPR diharapkan dapat segera menyelesaikan tugasnya," tandas Bamsoet. 

KOMENTAR ANDA