1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Bantu Pemerintah Percepat Tangani Corona, DPR Bentuk Satgas Lawan Covid-19

Editor: Hery Hardjo Winarno  10 April 2020 12:28
news/2020/04/10/167823/bantu-pemerintah-percepat-tangani-corona-dpr-bentuk-satgas-lawan-covid-19-2004102.jpg Satgas Covid-19 DPR

DPR RI - Untuk membantu Pemerintah dalam mempercepat penanganan virus Corona (Covid-19) di tiap-tiap daerah, DPR RI berinisiatif membentuk Satuan Tugas (Satgas) Lawan Covid-19 secara lintas partai dan bertanggung jawab kepada Ketua DPR RI. Adapun tujuan dari dibentuknya Satgas tersebut adalah untuk menyambungkan pengusaha lokal atau donatur lokal dalam membantu memenuhi kebutuhan rumah sakit atau puskesmas.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad yang juga bertindak selaku Koordinator Satgas Lawan Covid-19 saat launching Satgas Lawan Covid-19 DPR RI di Media Center DPR RI, Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Kamis (9/4/2020).

"Mekanisme kerja dari satgas ini dilakukan melalui aplikasi/ website SatgasLawanCovid19.com, yang nantinya terkoneksi dengan 682 Rumah Sakit rujukan yang telah ditunjuk oleh pemerintah secara resmi, serta puskesmas-puskesmas. Apabila membutuhkan alat kesehatan bisa mengisi form di sana yang terintegrasi dengan aplikasi Kementerian Kesehatan untuk kebutuhan tiga bulan ke depan," ucap Dasco.

Dalam launching yang turut dihadiri Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani secara virtual, Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin beserta Pimpinan dan Anggota Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPR RI secara langsung itu, Dasco menambahkan, website tersebut akan terintegrasi langsung dengan aplikasi dari Kementerian Kesehatan. Hal itu dimaksudkan agar memudahkan kontrol terhadap alat kesehatan yang telah dipenuhi.

"Kemudian tim Satgas akan bekerja sama dengan para pengusaha lokal atau donatur lokal yang dapat masuk ke website untuk melihat kebutuhan rumah sakit rumah sakit rujukan dan puskesmas-puskesmas yang berdomisili ditempat pengusaha atau donatur lokal tersebut. Kerja satgas ini juga dalam upaya untuk memutus tau mem-bypass mata rantai birokrasi agar bantuan dan dukungan dapat tepat langsung kesasaran," jelas Dasco.

Sebagai catatan, sambung politisi Partai Gerindra itu, Satgas Lawan Covid-19 ini tidak menerima sumbangan dalam bentuk uang. Tetapi sumbangan dalam bentuk alat kesehatan, masker, Alat Pelindung Diri (APD), ventilator serta alat pendukung medis lainnya, yang akan langsung didistribusi ke rumah sakit - rumah sakit rujukan dan puskesmas-puskesmas yang ada. Pendistribusiannya akan dipantau oleh Satgas Lawan Covid19 melalui satuan satuan kerja Satgas Daerah Lawan Covid 19.

"Satgas Lawan Covid-19 ini akan berkoordinasi dan berkerja sama dengan instansi terkait khususnya Kementerian Kesehatan RI dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kami mohon do’a agar kami dapat bekerja dengan baik untuk membantu pemerintah dalam rangka menuntaskan dan melawan Covid-19," pungkas Dasco. Dalam kesempatan tersebut, Puan menyampaikan bahwa dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, para Anggota DPR bersatu dan bergotong-royong membentuk Satgas Lawan Covid-19.

"Satgas ini akan membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19 di tiap-tiap daerah. Satgas ini dibentuk untuk membangun sinergi dari para donatur yang peduli melawan Covid-19 dalam membantu memenuhi kebutuhan rumah sakit atau puskesmas di daerah, termasuk juga pemenuhan kebutuhan dasar atau sembako bagi masyarakat yang terdampak ekonominya akibat penyebaran wabah Covid-19 ini," ujar Puan secara virtual pada acara peluncuran Satgas Lawan Covid-19 tersebut.

KOMENTAR ANDA